Laili Rusma

Laili Rusmawaty adalah guru bahasa Indonesia dan pengurus perpustakaan sekolah di SMAN 1 Kebomas Gresik. Korespondensi dapat melalui email lel...

Selengkapnya
Navigasi Web
TantanganGurusiana(82) MAKNYUSNYA OTAK-OTAK BANDENG GRESIK

TantanganGurusiana(82) MAKNYUSNYA OTAK-OTAK BANDENG GRESIK

Gresik adalah salah satu kabupaten di propinsi Jawa Timur. Selain sebagai kota industri dan kota wisata religi, Gresik juga terkenal dengan wisata kulinernya. Entah kita mengunjungi rumah makan atau warungnya, atau membawa oleh-oleh makanan khas Gresik. Dijamin akan datang lagi ke Gresik hehe.

Ada otak-otak bandeng, nasi krawu, nasi rumo, sego mener, semur welut, nasi blawu, bubur dempul, bronggolan, ndok bader, pudak, kemplang, jenang jubung, madumongso, opak, krupuk udang, lorjuk, dan lain-lain. Pasti deh, makanan-makanan tersebut bikin ketagihan.

Salah satu makanan favorit kami adalah otak-otak bandeng. Meskipun otak-otak bandeng juga menjadi makanan khas di Sidoarjo, Surabaya, Semarang, namun, otak-otak bandeng Gresik memiliki ciri khas, cita rasa tersendiri.

Dahulu, nenek terkadang membuat makanan ini. Menurut saya, saat melihat nenek memasak, pembuatannya cukup rumit karena untuk memisahkan duri dan daging bandeng, memakai batok kelapa yang dilubangi. Nenek juga kadangkala membuat makanan khas Gresik lain seperti nasi krawu, nasi rumo, sego mener, semur welut, nasi blawu, bubur dempul. Pokoknya top, deh. Sayang, kepiawaian nenek dalam membuat masakan, tidak bisa dicontoh oleh anak cucunya, termasuk saya hehehe.

Menurut sepengetahuan saya, otak-otak bandeng di Gresik dirintis oleh Bu Muzanah. Saat saya masih kecil, kalau membeli makanan ini, harus ke rumah beliau di daerah Kroman, yang tak jauh dari rumah nenek. Namun sekarang, otak-otak bandeng telah banyak dibuat dan dikembangkan oleh siapa saja.

Otak-otak Bu Muzanah sudah terkenal di dalam dan di luar Gresik. Kini, anak cucu beliau meneruskan usaha beliau dengan mendirikan toko di jalan Sindujoyo Gresik. Pak Bondan Maknyus (almarhum) dan Bu Khofifah juga pernah singgah di sini. Otak-otak bandeng Bu Muzanah bisa dipesan melalui online. Hanya saja, otak-otak bandeng tidak bisa tahan lama karena tidak memakai bahan pengawet. Makanan ini tahan sekitar 2 hari kalau dimasukkan dalam kulkas.

Selain Toko Bu Muzanah, otak-otak bandeng juga dijual di sepanjang jalan Sindujoyo. Ada toko si Unyil, toko Mak Ca, dan lain-lain. Tiap toko menjual otak-otak dengan citra rasa tersendiri. Kita bisa memilih manasuka. Toko-toko tersebut juga menjual makanan ringan seperti pudak, kemplang, jenang jubung, madumongso, opak, krupuk udang, lorjuk, dan lain-lain.

Di sepanjang jalan Sidujoyo tersebut akan ramai ketika bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Mereka yang datang, membeli oleh-oleh khas Gresik untuk sanak keluarga baik di dalam dan di luar Gresik.

Sekarang, pembuatan otak-otak bandeng sudah lebih canggih. Alat yang dipakai lebih modern. Memisahkan daging dan duri, tidak memakai batok kelapa yang dilubangi lagi, tetapi memakai alat dari aluminium. Menghaluskan bumbu dan dagingnya pun sekarang memakai blender.

Jika jalan-jalan ke Gresik, jangan lupa mampir membeli otak-otak bandeng. Dijamin rasanya maknyus!

Rumahku. 5 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wooww.. enaknya..

05 Apr
Balas

Iya, Bu. Bisa lihat youtube/internet caranya. Tidak saya tulis cara membuatnya karena saya belum pernah bikin hehe.

05 Apr

Mantap bu...

06 Apr
Balas

Saya suka...apalagi kalo di makan dengan nasi yang masih hangat.... Nikmatnya luar biasa...mantap sekali .

05 Apr
Balas

Inggih, Bu. Terima kasih.

05 Apr



search

New Post